Abhecuek's Blog

Masjid Keren

Posted in Unik, aneh dan lucu by abhecuek on 7 November 2009

Adalah mesjid kekaisaran Ottoman yang terletak di Istanbul Turki. Adalah mesjid jaman Ottoman terbesar kedua di kota tersebut.(Yang terbesar Hagia Sofia, sebuah gereja yang dialih fungsikan sebagai Mesjid).

Dibuat atas perintah Sultan Suleiman I (Suleiman the Magnificent) dan dibuat oleh arsitek besar Ottoman yaitu Mimar Sinan. Dimulai tahun 1550 dan selesai tahun 1557. Merupakan jawaban dunia muslim yang dianggap oleh orang-orang eropa saat itu bahwa arsitek muslim tidak tahu caranya membuat kubah untuk sebuah bangunan.
Kubah utamanya memilikir ketinggian 53 meter dan memiliki diameter 26.5 meter.

473371280dca32402b5Sebetulnya mesjid ini ini masih kalah indah dengan mesjid biru dan kalah besar dari Hagia Sofia. Namun demikian, mesjid ini merupakan mesjid yang murni dibangun dengan ketulusan untuk beribadah kepada Allah SWT. Hagia Sofia awalnya dibangun sebagai Gereja jadi bukan oleh umat Islam, sekarang difungsikan sebagai Musium. Mesjid biru merupakan buah keinginan Sultan Ahmed I yang ingin suatu bukti keberadaan dirinya. Tidak seperti Mesjid lain sebelumnya yang dibangun oleh Sultan dari dana rampasan perang, Mesjid biru dibangun dengan menguras keuangan negara karena sultan Ahmed tidak pernah menang perang. Hal ini sempat menimbulkan protes keras dari para Imam pemuka agama Islam saat itu.

atap

 

keren gak

Tagged with:

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. eemoo said, on 5 Desember 2009 at 12:52 am

    kalau gak salah nama masjidnya masjid Sultan Ahmed Istanbul Tukey, tapi yang ditampilin interiornya itu masjid Fateh Istanbul Turkey (pic no2)
    sumber : http://www.majestad.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: