Abhecuek's Blog

Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Sepak Bola

Posted in Tips dan Trik dalam Olahraga by abhecuek on 5 November 2009

Sepakbola modern dilakukan dengan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang sederhana disertai dengan kecepatan dan ketepatan. Aktivitas dalam permainan sepakbola tersebut dikenal dengan nama dribbling (menggiring bola). Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Menggiring bola (dribbling) memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut :
1. Untuk melewati lawan
2. Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat.
3. Untuk menahan bola tetap dalam penguasaan, menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman.
Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Dengan kata lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik.

Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Tidak setiap teknik dasar dalam permainan sepakbola akan selalu berhasil dilakukan dalam setiap pelaksanaan pertandingan. Akan tetapi, teknik-teknik dasar tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali pada teknik dasar menggiring bola (dribbling).
Berikut ini dapat penulis jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menggiring bola (dribbling) :
1. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
2. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
3. Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

About these ads

46 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. rahmat said, on 10 November 2010 at 7:58 am

    dribbling sepak bola modern bukan hanya gerakan biasa melainkan gerakan-gerakan yang mungkin sulit untuk di praktekan oleh pesepak bola awam,karena dribbling memerlukan skill tingkat tinggi yang tidak mungkin bisa ditiru oleh pesepak bola awam.

    • sama'un said, on 28 November 2010 at 5:16 pm

      menurut say dribling bisa dilakukan dan dipelajari selama pelaku sepak bola awam belajar dengan semangat dan sungguh2

      • Farid Maulana said, on 16 Januari 2012 at 3:32 pm

        Btol itu

    • mister rafli said, on 1 Oktober 2011 at 6:21 am

      bagus juga

      • m said, on 15 April 2013 at 12:00 pm

        ok makash

    • paijo said, on 18 Oktober 2011 at 1:44 pm

      BETUL ITU HEHEHEHEHE

    • Dwiyan sebastian said, on 9 Februari 2012 at 7:43 am

      bagaimana caranya melakukan dribling yg hebat yg tidak bisa d tahan lawan

  2. Satrio Mw said, on 19 November 2010 at 6:34 am

    yayaya . . . . . . . . . . . .
    bagus juga,,,,,,,,,,,,,,,

    • sama'un said, on 28 November 2010 at 5:24 pm

      anda lum pernah bejalar sepak bola ya sejutun aj am pendapat temen sing bagus mah belajar bukan ikut kata orang /temen
      karena belajar adalah proses menciptakan dan membentuk keterampilan baru con dribling modern atau………….,!yu belajar

  3. herman said, on 10 Januari 2011 at 5:10 am

    bagimana cara menggiring bola yang baik dan bagai mana teknik dasar samba !!??

  4. Simi'un said, on 3 Februari 2011 at 2:28 am

    Menggiring bola harus ada kecepatan,klau tdk ada kecepatan percuma,,.,saja,

  5. agus prima aspa said, on 16 Februari 2011 at 4:06 am

    menggiring atau dribbling yang paling terpenting adalah kelincahan dan daya tahan otot tungkai seseorang , apabila seseorang yang kelincahany kurang , dia tetap bisa melakukan dribbling tp tidak sempurna & begitu jg dengan otot tungkai sangatlah mendukung seseorang yg sedang melakukan dribbling !!!
    dribbling tidaklah semudah yang kamu lihat.

  6. andri said, on 17 Maret 2011 at 8:17 pm

    ya betul.bagai mana cara mengiring bola dgn yg baik end bagai mna cara teknik dasar samba.

    balas ya.. . .plisee

  7. Saipin said, on 22 Maret 2011 at 1:46 pm

    Bagai mana ya agar masuk ke club2 di indonesia..
    Saya ingin sekali jdi pemain sepak bola yng handal,, tpi kayak mna ya,, tolong jawab ya…

  8. cebonk said, on 22 Juni 2011 at 4:03 am

    bola adalah teman ….

  9. herul said, on 27 Juli 2011 at 6:13 pm

    oo gitu , gw kira ini lampard yg ngajarin, tau2nya sama aja ky kita2. tukang ojek jg.
    mas ngojek aja mass

  10. yesi said, on 9 Agustus 2011 at 7:12 am

    “,,,,,,”
    Meng9irn9 b0la sngat enak
    “,,,,,,,”
    *____*

  11. mbah sigit said, on 19 Agustus 2011 at 3:40 am

    ad g y seleksi masuk team lokal indonesia

  12. lilis sugiarti said, on 2 Oktober 2011 at 1:26 pm

    sebutkan teknik tanpa bola yang harus dikuasai oleh pemain bola ?

  13. Boanerges Santosa said, on 13 November 2011 at 5:55 am

    yaaaa da bnernya juga tuwh

  14. Ricky said, on 1 Desember 2011 at 12:14 pm

    lebih baik lagi kalau mendribling bola mengnakn kaki luar dan dalam secara berantian,,
    kemungkinan lawan akan bingung kemana bola akan menuju,,

  15. Putra said, on 28 Desember 2011 at 2:10 pm

    Menurut saya untuk melakukan dribbling sangat lah sulit!..menurut anda gimana..?

  16. Echa said, on 14 Februari 2012 at 12:25 pm

    Bagus ugha..
    Aku jdi suka dweh

  17. Amir hasanudin ardy said, on 31 Maret 2012 at 7:57 am

    Mau nanya ?
    Klo mau ltih ank kcil yg berumur 5-7 thun pa dlu yg hrus diajarkan ?

  18. momok gatel said, on 1 April 2012 at 7:57 am

    momok ku sakit gatal

  19. ridho said, on 28 Mei 2012 at 7:02 am

    betol itu gannnn

  20. faldi said, on 25 Juni 2012 at 7:06 am

    pegang bola hahahahah
    bercnda kok

    • faldi said, on 25 Juni 2012 at 7:08 am

      kongkong klian

  21. [...] 31 comments   [...]

  22. dewa said, on 1 Juli 2012 at 11:19 am

    kalo dribling tidak bisa di cegah lawan

  23. Delpiero Jawa said, on 2 November 2012 at 3:12 pm

    Dimana ada ketertarikan pelaku olahraga dalam melakukan aktifitas apapun tekniknya akan dapat dikuasai,,
    Contoh saja pada seseorang yg mempunyai bakat bermain sepak bola tp seseorang itu tdk tertarik untuk melakukan aktifitas pada sepak bola,, apa hasilnya ??? Renungkan dan Pikirkan !

    “”Proseslah Yg Sangat Menentukan Skill””

  24. chika said, on 30 Januari 2013 at 2:09 pm

    jdi jawanban gw nilainya setengah dehhhhhhhhhh

  25. benni said, on 12 Maret 2013 at 2:46 pm

    yang paling penting adalah bakat alami dan kecintaan pada sepak bola dan berlatih.
    cuma itu _

  26. defamilishop said, on 13 Maret 2013 at 3:03 am

    kalo lagi cari cari sepatu, jersey bola, dll..kunjungi aja ya web saya di http://thefamilishop.blogspot.com harganya dijamin deh manyusss,,,
    makasi ya,,
    udah beriklan disini..sukran

    salam
    defamilishop

  27. Ijes said, on 20 Juni 2013 at 5:56 pm

    Skill itu masalah bakat gan,kalo emang bakat smua hal yg sulit di lakukan org lain mudah bagi nya..
    Cntoh: ronaldo,ronaldinho n messi

  28. Source said, on 10 Juli 2013 at 9:00 am

    Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any suggestions on how to
    get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thanks

  29. VIP__BLoddY1ST.iNC said, on 23 Agustus 2013 at 4:36 am

    Bah,,,,,Sotoy Bang :v

  30. |Star*Of-HeadShotty| said, on 23 Agustus 2013 at 4:38 am

    Ea :v

  31. Sex Dolo Yah Otaknya Jgn Bola Aj said, on 23 Agustus 2013 at 4:46 am

    owkowkwokowk

  32. rinoleonza said, on 14 Oktober 2013 at 4:59 am

    gua mau bangat masuk timnas seperti abangku gimana cara masuk timnas ya

  33. nadha said, on 11 Februari 2014 at 2:38 pm

    thanks infonya, bisa buat kerja tugas…! n_n


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: